FIND REFERENCES FROM AMAZON

Tuesday, April 6, 2010

Pola Pembiayaan dan Pengembangan UMKM: Studi Kasus UMKM di Kota Semarang

Harjum Muharam
Erman Denny Arfinto

ABSTRAK

UMKM mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional berupa pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, selain itu UMKM telah terbukti ketangguhannya dalam menghadapi setiap krisis yang terjadi di Indonesia.
Data yang digunakan untuk analisis adalah data laporan keuangan atau cacatan keuangan UMKM yang ada di Kota Semarang. Analisis tabulasi silang dan MANOVA digunakan untuk menganalisis data dan pengambilan kesimpulan untuk menjawab tujuan penelitian. Ada tiga tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (a) melihat pola pembiayaan UMKM serta kendala-kendala yang dihadapi dalam bidang pembiayaan; (b) menganalisis pengaruh pola pembiayaan terhadap tingkat keuntungan dan perkembangan usaha; dan (c) membuat model pola pembiayaan optimal bagi UMKM yang mendukung keuntungan dan perkembangan UMKM.

Kata Kunci: Pembiayaan, keuntungan, perekembangan usaha, UMKM, Semarang

Hasil Penelitian
Penelitian ini menganalisis perbedaan tingkat keuntungan dan pertumbuhan usaha antar kelompok usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Semarang, disamping itu penelitian ini juga menganalisis pengaruh pembiayaan hutang, ukuran usaha, dan umur usaha terhadap dua variabel dependen, tingkat keuntungan dan pertumbuhan usaha. Dari uji hipotesis menggunakan analisis MANCOVA yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan: (a)Ada perbedaan yang signifikan rata-rata tingkat keuntungan (y1) antar kelompok usaha; (b)Ada perbedaan yang signifikan rata-rata pertumbuhan usaha (y2) antar kelompok usaha; (c) Pembiayaan hutang dan ukuran tidak berpengaruh terhadap tingkat keuntungan dan pertumbuhan usaha; (d)Umur usaha berpengaruh positif signifikan baik terhadap tingkat keuntungan maupun terhadap pertumbuhan usaha; (e) Untuk model pertama dengan variabel dependen tingkat keuntungan (y1) didapat nilai R2 sebesar 0,535 dan adjusted R2 sebesar 0,444. Hal ini berarti variabel-variabel independen yang ada pada model pertama mampu menjelaskan 44,4% variasi yang terjadi pada variabel tingkat keuntungan (y1); (f) Pada model kedua dengan variabel dependen pertumbuhan usaha (y2) didapat R2 sebesar 0.428 dan adjusted R2 sebesar 0,316. Hal ini berarti bahwa variabel-variabel independen pada model kedua mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada variabel dependen pertumbuhan usaha sebesar 31,6%.

Daftar Pustaka
Agiomirgianakis, G., F. Voulgaris, T. Papadogonas (2006), “Financial Factors Affecting Profitability And Employment Growth: The Case of Greek Manufacturing”, International Journal of Financial Services Management, Issue: Volume 1, Number 2-3 / 2006

Fitzsimmons, J. R., Paul S., and Evan J. D., (2005), “Growth and Profitability In Small And Medium Sized Autralian Firms”, AGSE Entrepreneurship Exchange, February 2005, download

Fu, T.W., Mei-Chu Ke, and Yen-Sheng Huang, (2002), “Capital Growth, Financing Source and Profitability of Small Businesses: Evidence from Taiwan Small Enterprises”, Small Business Economics 18: 257–267, 2002.

Ghozali, Imam, (2005), Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, BP Undip: Semarang

Glancey, Keith (1998), Determinants of growth and profitability in small entrepreneurial firms, International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research, Year: 1998 Volume: 4 Issue: 1 Page: 18 - 27

Hermelo, F.D., (2004), The Determinants of Firm’s Growth: An Empirical Examination, Working Paper, Strategic Management and International Business Universidad de San AndrĂ©s: San Fernando, Pcia. de Buenos Aires (1644), Argentina download

Olutunla, G. T., and Tomola Marshal Obamuyi, (2008), “An Empirical Analysis of Factors Associated With The Profitability of Small And Medium-Enterprises in Nigeria”, African Journal of Business Management Vol.2, November 2008 download

Kuncoro, M.(2008), “Pembiayaan Usaha Kecil”, Economic Review No. 21, Maret 2008

Leora F. Klapper. L.F., Virginia, S.A., Rida, Z., (2006), “A Firm-Level Analysis of Small and Medium Size Enterprise Financing in Poland, World Bank Policy Research” Working Paper 3984, August 2006 download

Rao, P. (1996), “Measuring Consumers Perseptions Through Factor Analysis”, The Asian Managers, February-Maret , page 28-32

Roper , S. (1999), Modelling Small Business Growth and Profitability, Small Business Economics 13: 235–252, 1999.

Tabachnick, B.G., (1996), Using Multivariate Statistics, Harper Collin: New Yo

DOWNLOAD FULL TEXT

No comments:

Post a Comment